PROPOSAL
TUGAS AKHIR
PENERAPAN
FUZZY DATABASE
UNTUK
REKOMENDASI PEMBELIAN LAPTOP
Abdul Gani Putra Suratma
0803040050
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO
APRIL,2012
HALAMAN PERSETUJUAN
PROPOSAL TUGAS AKHIR
PENERAPAN FUZZY DATABASE
UNTUK REKOMENDASI PEMBELIAN
LAPTOP
Diusulkan Oleh:
Abdul Gani Putra Suratma
NIM. 0803040050
Telah disetujui
pada tanggal ……………………………….
Pembimbing I
Hindayati Mustafidah, S.Si, M.Kom
NIK. 0000000000
Pembimbing II
Dimara Kusuma Hakim, S.T.M.Cs
NIK. 0000000000
A. LATAR
BELAKANG
Perkembangan
zaman yang semakin maju seperti sekarang ini membuat kebutuhan masyarakat juga
semakin meningkat. Terlebih lagi didorong dengan adanya kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat. Sebagai contoh, dengan adanya
laptop atau notebook yang memudahkan pekerjaan segala kegiatan dapat dilakukan
dengan cepat dan resiko kesalahan dapat dikurangi.
Setiap orang
sering dihadapkan pada suatu keadaan dimana dia harus memutuskan untuk memilih
satu dari beberapa pilihan yang ada. Suatu masalah dalam kehidupan dapat
diselesaikan dengan berbagai cara yang mungkin saja memberikan pemecahan
masalah secara langsung atau memberi beberapa alternatif solusi untuk pemecahan
masalah.
Sekarang ini
laptop merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat baik untuk pendidikan maupun
aktifitas bisnis. Namun, memilih laptop yang tepat sesuai kebutuhan dan
anggaran keuangannya bukan hal mudah. Banyaknya pilihan tersedia di pasaran
bisa jadi membuat tambah bingung memilihnya, oleh karena itu dibutuhkan sebuah
rancang bangun untuk rekomendasi yang diharapkan dapat membantu masyarakat
dalam pemilihan laptop yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Fuzzy database merupakan Fuzzy Query Database. Artinya, suatu query yang memiliki variabel - variabel
yang bernilai fuzzy. Untuk
mendapatkan informasi tentang kriteria laptop maka dibutuhkan kriteria - kriteria
laptop seperti harddisk, processor, berat, lcd display, memory dan harga.
Alasan memakai fuzzy database untuk rekomendasi pemilihan
laptop karena fuzzy database dapat
dengan mudah diakses oleh pengguna berdasarkan kriteria yang mudah dimengerti
seperti spesifikasi harddisk, processor, berat, lcd display, memory dan harga.
B. PERUMUSAN
MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas
maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
1.
Bagaimana merancang dan membangun
basis data fuzzy untuk merekomendasikan
laptop yang sesuai dengan spesifikasi
dan keinginan konsumen.
2.
Bagaimana penerapan metode basis data
fuzzy dalam pemilihan laptop yang
sesuai dengan keinginan konsumen.
C. BATASAN
MASALAH
Agar pembahasan penelitian ini
tidak menyimpang dari apa yang telah dirumuskan, maka diperlukan
batasan-batasan. Batasan-batasan dalam penelitian ini adalah:
1.
Kriteria - kriteria yang
menentukan rekomendasi laptop adalah: harga, harddisk, processor, memory, lcd
display dan berat.
2.
Fungsi keanggotaan yang digunakan
adalah kurva penyusutan, kurva pertumbuhan dan kurva beta.
D. KAJIAN
PUSTAKA
1.
Laptop
Laptop atau sering disebut juga notebook adalah komputer bergerak
yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1 hingg 6 kg,
tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop
berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang
baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat
bertahan sekitar 1 hingga 6 jam, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi,
dan ukuran baterai. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan
komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan,
lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Laptop kebanyakan menggunakan layar
LCD (Liquid Crystal Display)
berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri.
Berbeda
dengan komputer desktop, laptop memiliki komponen pendukung yang didesain
secara khusus untuk mengakomodasi sifat laptop yang portabel. Sifat utama yang
dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi
energi, dan efisien (Setianto dkk., 2009).
2.
Konsep Logika Fuzzy
Teori fuzzy diperkenalkan pertama kali oleh Lotfi A. Zadeh pada tahun
1965 pada presentasinya mengenai Fuzzy
Sets.
a.
Pengertian Logika Fuzzy
Logika fuzzy adalah suatu cara yang tepat untuk memetakan ruang input kedalam suatu ruang output (Kusumadewi, 2003).
b.
Himpunan Fuzzy
Himpunan
tegas (crisp) A didefinisikan oleh item-item yang ada pada himpunan itu. Jika
a.A, maka nilai yang berhubungan dengan a adalah 1. namun jika a.A, maka nilai
yang berhubungan dengan a adalah 0. notasi A = {x|P(x)} menunjukkan bahwa A
berisi item x dengan p(x) benar. Jika XA merupakan fungsi karakteristik A dan
properti P, maka dapat dikatakan bahwa P(x) benar, jika dan hanya jika XA(x)=1
(Kusumadewi, 2003).
Himpunan Fuzzy didasarkan pada gagasan untuk
memperluas jangkauan fungsi karakteristik sedemikian hingga fungsi tersebut
akan mencakup bilangan real pada interval [0,1]. Nilai keanggotaannya
menunjukkan bahwa suatu item dalam semesta pembicaraan tidak hanya berada pada
0 atau 1, namun juga nilai yang terletak diantaranya. Dengan kata lain, nilai
kebenaran suatu item tidak hanya benar atau salah. Nilai 0 menunjukkan salah,
nilai 1 menunjukkan benar, dan masih ada nilai-nilai yang terletak antara benar
dan salah.
c.
Atribut Himpunan Fuzzy
Himpunan fuzzy memiliki 2 atribut, yaitu (Kusumadewi, 2003):
1)
Linguistik, yaitu penamaan suatu
grup yang mewakili suatu keadaan atau kondisi tertentu dengan menggunakan
bahasa alami.
2)
Numeris, yaitu suatu nilai (angka)
yang menunjukkan ukuran dari suatu variabel.
d.
Fungsi Keanggotaan
Fungsi Keanggotaan (membership
function) adalah suatu kurva yang menunjukkan pemetaan titik-titik input data ke dalam nilai keanggotaannya
(sering juga disebut dengan derajat keanggotaan) yang memiliki interval antara
0 sampai 1. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan nilai
keanggotaan adalah dengan melalui pendekatan fungsi. Ada beberapa fungsi yang
bisa digunakan.
1)
Representasi Kurva-S
Kurva PERTUMBUHAN dan PENYUSUTAN merupakan kurva-S atau sigmoid
yang berhubungan dengan kenaikan dan penurunan permukaan secara tak linear.
Kurva-S untuk
PERTUMBUHAN akan bergerak dari sisi paling kiri (nilai keanggotaan = 0) ke sisi
paling kanan (nilai keanggotaan = 1). Fungsi keanggotaannya akan tertumpu pada
50% nilai keanggotaannya yang sering disebut dengan titik infleksi (Gambar 1).
Gambar 1.
Himpunan
fuzzy dengan kurva-S: PERTUMBUHAN.
Kurva-S untuk PENYUSUTAN akan
bergerak dari sisi paling kanan (nilai keanggotaan = 1) ke sisi paling kiri
(nilai keanggotaan = 0) (Gambar 2).
Gambar
2. Himpunan fuzzy dengan kurva-S:
PENYUSUTAN.
Kurva-S didefinisikan dengan menggunakan 3 parameter, yaitu: nilai
keanggotaan nol (α), nilai keanggotaan lengkap (ϒ), dan titik infleksi atau crossover (β) yaitu titik yang memiliki
domain 50% benar. Gambar 3 menunjukkan karakteristik kurva-S dalam bentuk
skema.
Gambar 3. Karakteristik fungsi kurva -S.
Fungsi keanggotaan
kurva PERTUMBUHAN adalah seperti pada persamaan 1 berikut:
……..(1).
Contoh fungsi
keanggotaan untuk himpunan TUA pada variabel umur
terlihat seperti
pada (Gambar 4).
Gambar 4. Himpunan Fuzzy:
TUA.
μ TUA[50] = 1 –
2((60-50)/(60-35))2
= 1 – 2(10/25)2
= 0,68
Sedangkan
fungsi keanggotaan pada kurva PENYUSUTAN adalah seperti pada persamaan 2 berikut:
…….. (2).
Contoh fungsi
keanggotaan untuk himpunan MUDA pada variabel umur
terlihat seperti pada (Gambar 5).
Gambar 5. Himpunan Fuzzy: MUDA.
μ MUDA[50] =
2((50-37)/(50-20))2
= 2(13/30)2
= 0,376
2)
Representasi Kurva BETA
Kurva
BETA berbentuk lonceng didefinisikan
dengan 2 parameter, yaitu nilai pada domain yang menunjukkan pusat kurva (ϒ),
dan setengah lebar kurva (β) (Gambar 6) .
Gambar 6.
Karakteristik fungsi kurva BETA.
Fungsi
keangotaan pada kurva BETA adalah seperti pada persamaan 3 berikut:
........ (3).
Fungsi keanggotaan untuk himpunan PAROBAYA pada variabel umur
seperti terlihat pada (Gambar 7).
μ PAROBAYA [42] =
1/(1+((42-45)/5)2)
= 0,7353
μ
PAROBAYA [51] = 1/(1+((51-45)/5)2)
= 0,4098
Gambar 7. Himpunan Fuzzy:
PAROBAYA dengan kurva Beta.
e.
Operator Dasar Zadeh untuk Operasi
Himpunan Fuzzy
Seperti
halnya himpunan konvensional, ada beberapa operasi yang didefinisikan secara
khusus untuk mengkombinasi dan memodifikasi himpunan fuzzy. Nilai keanggotaan sebagai hasil dari operasi 2 himpunan
sering dikenal dengan nama fire strength
atau α -predikat. Ada 3 operator dasar yang diciptakan oleh Zadeh
(Kusumadewi, 2003), yaitu:
1)
Operasi AND
Operator ini berhubungan dengan
operasi interseksi pada himpunan. α-predikat
sebagai hasil operasi dengan operator AND diperoleh dengan mengambil nilai
keanggotaan terkecil antar elemen pada himpunan-himpunan yang bersangkutan.
µ A∩B =
min(µA [x],
µB [y])
2)
Operasi OR
Operator ini berhubungan dengan
operasi union pada himpunan. α- predikat
sebagai hasil operasi dengan operator OR diperoleh dengan mengambil nilai keanggotaan
terbesar antar elemen pada himpunan-himpunan yang bersangkutan.
µ A∪B = max(µA[x], µB[y])
3) Operasi NOT
Operator ini berhubungan dengan operasi komplemen pada himpunan. α- predikat sebagai hasil operasi dengan
operator NOT diperoleh dengan mengurangkan nilai keanggotaan elemen pada
himpunan yang bersangkutan dari 1.
µA = 1 - µA[x]
f.
Fuzzy Database Model Tahani
Basisdata fuzzy
model tahani masih tetap menggunakan relasi standar, hanya saja model ini
menggunakan teori himpunan fuzzy untuk mendapatkan informasi pada query-nya
(Kusumadewi, 2010). Metode Tahani tersusun atas tahapan yaitu:
1)
Menggambarkan Fungsi Keanggotaan
Fungsi keanggotaan (membership
function) adalah suatu kurva yang menunjukkan pemetaaan titik-titik input data ke dalam nilai keanggotaannya
(sering juga disebut dengan derajat keanggotaan) yang memiliki internal antara
0 sampai 1, salah satu cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan nilai
keanggotaan adalah dengan melalui pendekatan fungsi. Beberapa fungsi yang dapat
digunakan yaitu Representasi kurva Linier,
Representasi Kurva Segitiga. Representasi Kurva Trapesium. Masing-masing fungsi
tersebut, akan menghasilkan nilai antara “0” dan “1” dengan cara yang berbeda,
sesuai dengan jenis representasi yang digunakan.
2)
Fuzzifikasi
Fuzzifikasi adalah fase pertama dari perhitungan fuzzy yaitu pengubahan nilai tegas ke
nilai fuzzy. Prosesnya adalah sebagai
berikut: Suatu besaran analog dimasukkan sebagai masukan (crisp input), lalu input
tersebut dimasukkan pada batas scope
dari membership function. Membership function ini biasanya
dinamakan membership function input.
Keluaran dari proses fuzzifikasi ini adalah sebuah nilai input fuzzy atau yang
biasanya dinamakan fuzzy input.
3)
Fuzzifikasi Query
Fuzzifikasi Query
diasumsikan sebuah query konvensional
(nonfuzzy) DBMS yang akan mencoba
membuat dan menerapkan sebuah system
dasar logika fuzzy query .
4)
Operator Dasar Zadeh untuk Operasi Himpunan
Fuzzy.
Nilai keanggotaan sebagai dari 2 himpunan fuzzy dikenal dengan nama Fire Strength atau α-predikat. Sangat
mungkin digunakan operator dasar dalam proses query berupa operator AND dan OR.
α -predikat sebagai hasil operasi dengan operator AND
diperoleh dengan mengambil nilai keanggotaan terkecil antar elemen pada
himpunan-himpunan yang bersangkutan, dinotasikan : µAB = min(µA[x], µB[x]). Sedangkan untuk hasil operasi
dengan operator OR diperoleh dengan mengambil nilai keanggotaan terbesar antar
elemen pada himpunan-himpunan yang bersangkutan, dinotasikan : µAUB = max(µA[x], µB[x]).
Alternatif yang direkomendasikan adalah alternatif yang
memiliki nilai Fire Strength atau
tingkat kesesuaian dengan kriteria pilihan diatas angka 0 (nol) sampai dengan
angka 1 (satu).
g.
Hasil Penelitian Sejenis
Penelitian tentang pengembangan
aplikasi fuzzy yang telah dilakukan
adalah:
1)
Eliyani, dkk. (2009) telah
mengembangkan Decision Suport System untuk
pembelian mobil menggunakan fuzzy
database model tahani. Dalam aplikasi ini digunakan variabel input data mobil yang meliputi panjang
mobil, lebar mobil, kapasitas penumpang, ukuran mesin, tinggi mobil, berat
mobil, harga mobil, dan kapasitas tangki bahan bakar. Dari input tersebut diperoleh output
aplikasi berupa spesifikasi mobil yang digunakan oleh pengguna serta dapat
membantu menghasilkan keputusan yang lebih cepat untuk menjadikan bahan
pertimbangan dalam persiapan pembelian produk mobil.
Pada penelitian ini fuzzy database model tahani akan
diterapkan untuk rekomendasi pembelian laptop.
2)
Hasiholan (2008) telah melakukan
penelitian tentang Evaluasi Kinerja Karyawan menggunakan metode pemrograman
linier Fuzzy yang membahas suatu
metode penelitian kinerja karyawan dengan faktor-faktor fuzzy sebagai parameter. Parameter
yang digunakan dalam penelian ini hanya parameter yang bersifat fuzzy. Beberapa faktor untuk menjadi
parameter dalam melakukan evaluasi kinerja karyawan meliputi faktor pencapaian
target waktu, faktor resiko kerja, faktor disiplin waktu, faktor kerumitan
pekerjaan, dan faktor loyalitas dan tanggung jawab terhadap perusahaan. Dari
faktor tersebut menghasilkan output yang dapat digunakan dan dikembangkan oleh
perusahaan untuk mencari teknik yang berbeda dan baik dalam melakukan evaluasi
kinerja karyawan sesuai kebutuhan perusahaan untuk promosi jabatan, mutasi
karyawan dan menentukan presentasi kenaikan gaji karyawan.
3)
Pattiasina (2011) melakukan
penelitian tentang aplikasi yang bertujuan untuk menghasilkan suatu sistem
pendukung keputusan dalam pemilihan operator selular sesuai dengan kriteria
yang diberikan. Pada penelitiannya, Fuzzy
Tahani dipakai sebagai metode untuk menentukan kriteria-kriteria yang akan
digunakan dalam memberikan hasil rekomendasi operator selular.
Penelitian ini membagi dua
variabel input, yaitu variabel fuzzy dan variabel non fuzzy. Variabel fuzzy terdiri dari data-data operator
selular yang menyangkut masa tenggang, masa aktif, tarif sms ke beda operator,
tarif telepon ke beda operator, dan tarif internet. Variabel non fuzzy terdiri dari data-data operator
yang menyangkut tipe dan jenis operator selular. Dari input tersebut diperoleh output berupa rekomendasi operator
selular disertai besarnya nilai rekomendasi fuzzy
sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh konsumen.
Dalam penelitian ini penggunaan fuzzy database sebagai metode pengambilan keputusan dalam menentukan
pemilihan operator selular akan menjadi poin utama yang dijadikan dasar
pembuatan aplikasi ini.
E. TUJUAN
Tujuan dari
penelitian ini adalah membuat suatu sistem rekomendasi laptop dengan menerapkan
fuzzy database.
F. MANFAAT
Hasil
penelitian ini diharapkan berupa sistem yang bermanfaat sebagai salah satu
alternatif untuk membantu dalam pemilihan laptop yang sesuai dengan keinginan
dan anggaran konsumen.
G. METODE
PENELITIAN
1.
Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini adalah penelitian rekayasa atau pengembangan
yaitu untuk aplikasi berbasis logika fuzzy
pada sistem informasi fuzzy database untuk rekomendasi pembelian
laptop menggunakan database fuzzy model Tahani.
2.
Variabel Penelitian
Variabel
dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu :
a.
Variabel input
Fariabel Input fuzzy terdiri dari
variabel HARGA, PROCESSOR, HARDDISK,
MEMORY, LCD DISPLAY, dan BERAT.
b.
Variabel utput
Dari variabel input di atas akan dihasilkan output
berupa data Laptop , NAMA
LAPTOP, HARGA, PROCESSOR, HARDDISK,
MEMORY, LCD DISPLAY, dan BERAT sesuai dengan query.
3.
Sumber Data
Data
penelitian berasal dari toko penjual komputer di Purwokerto dan internet.
4.
Waktu, Tempat, Dan Alat
Waktu
penelitian dilaksanakan pada bulan januari 2012 sampai bulan april 2012.
Perlengkapan penelitian
sebagai berikut:
a.
Perlengkapan Hardware
-
1 Unit Komputer dengan spesifikasi
Harddisk 320 GB, RAM 4 GB, Processor intel DUAL CORE dan LCD 14 Inc.
-
1 Unit Printer.
b.
Perlengkapan Software
-
DBMS SQL Server Standard Edition.
-
Microsoft Office 2007 Enterprise Edition.
-
Operating System Microsoft Windows XP.
-
Microsoft Visual Studio 2005.
5.
Pengumpulan Data dan Sumber
Pendukung (Literatur)
Metode
pengumpulan data dan sumber pendukung dilakukan melalui cara:
a.
Studi Pustaka
Studi pustaka dilakukan untuk
mengumpulkan literatur yang mendukung penelitian. Literatur‐literatur diambil
dari penelitian‐penelitian sebelumnya maupun dari jurnal‐jurnal ilmiah, baik
dalam negeri maupun luar negeri. Litelatur yang dibutuhkan adalah literatur tentang
rekomendasi laptop, fuzzy database, dan pemrograman berbasis desktop.
b.
Observasi
Observasi dilakukan dengan
mendatangi toko penjual komputer di Purwokerto untuk mengumpulkan data-data
yang dibutuhkan dalam penelitian yang meliputi data spesifikasi laptop dan data
yang menentukan rekomendasi laptop.
6.
Perancangan Sistem
Pada tahap ini dilakukan perancangan sistem yang akan dibangun
yang terbagi dalam beberapa tahap yaitu:
a.
Perancangan fuzzy database
Pada tahap ini akan dirancang
sistem fuzzy yang akan dibangun
melalui langkah-langkah berikut :
1)
Menentukan variabel fuzzy
Variabel fuzzy yang akan dibahas dalam sistem fuzzy adalah HARGA, PROCESSOR,
HARDDISK, MEMORY, LCD DISPLAY, dan BERAT.
2)
Menentukan himpunan fuzzy
Himpunan fuzzy ditentukan untuk mengelompokkan data berdasarkan variabel
bahasa (linguistik variable) yang dinyatakan dalam fungsi keanggotaan.
Berdasarkan variabel fuzzy di atas
maka dapat ditentukan himpunan fuzzy untuk masing-masing variabel sebagai
berikut:
1) HARGA : MURAH, SEDANG, dan
MAHAL.
2) PROCESSOR : RENDAH, SEDANG, dan TINGGI.
3) HARDDISK : KECIL, SEDANG, dan BESAR.
4) MEMORY : KECIL, SEDANG, dan BESAR.
5) BERAT : RINGAN, SEDANG, dan
BERAT.
6) LCD DISPLAY : KECIL, SEDANG, dan BESAR.
3) Menentukan fungsi keanggotaan
Fungsi Keanggotaan yang akan digunakan adalah kurva PENYUSUTAN,
kurva PERTUMBUHAN, dan kurva BETA (Gambar 8).
Gambar
8. Penentuan himpunan menggunakan kurva PENYUSUTAN, kurva BETA, dan kurva
PERTUMBUHAN.
b.
Perancangan database
-
Memilih DBMS(Database Management System) .
-
Membuat database dan tabel-tabelnya.
-
Membuat view untuk menghitung derajat keanggotaan masing-masing himpunan.
c.
Perancangan proses
Pada tahap ini akan dirancang
proses-proses yang ada dalam sistem. Secara umum proses pada sistem yang akan
dibangun dikelompokan menjadi dua yaitu proses yang dilakukan oleh customer dan proses yang dilakukan oleh admin.
Proses pada sistem yang dibangun ditunjukan
dengan Use Case Diagram (Gambar 9).
Gambar
9. Use Case Diagram sistem yang
dibangun
.
Dari Gambar 9
di atas, admin mempunyai fungsi untuk
menangani semua data yang berkaitan dengan data laptop. Sedangkan customer dalam hal ini, cukup memasukkan
kriteria laptop apa yang hendak dibeli atau dicari ke dalam sistem, dimana sistem
ini akan memberikan hasil kepada customer
berupa rekomendasi daftar laptop sesuai kriteria yang di cari.
Proses yang
ada dalam sistem berupa input
kriteria sperti harga murah, harga
sedang dan harga mahal. Dari input
kriteria tersebut diteruskan pada proses penentuan himpunan fuzzy untuk menentukan variabel harga
yang terbagi menjadi tiga himpunan fuzzy
yaitu murah, sedang dan mahal. Pada proses selanjutnya yaitu proses penentuan
fungsi keanggotaan, proses ini akan menentukan
derajat keanggotaan dari kriteria input yang dipilih, kemudian diteruskan
pada proses perhitungan Fire Strength
untuk menghitung derajat keanggotaan pada himpunan yang ditentukan sehingga
akan dihasilkan rekomendasi laptop. Proses dalam sistem rekomendasi laptop
ditunjukan pada (Gambar 10).
Gambar 10. Flowchart sistem
rekomendasi laptop
d.
Perancangan tampilan aplikasi
Pada tahap ini akan dilakukan
perancangan tampilan dari aplikasi yang akan dibuat (Gambar 11).
Gambar 11. Perancangan tampilan
aplikasi
7.
Pengkodean
Pada tahap
ini dilakukan pengkodean untuk membangun aplikasi sesuai dengan rancangan
sistem. Pengkodean dibagi menjadi dua bagian yaitu :
-
Pengkodean Query, yaitu membuat script query untuk menangani proses fuzzyfikasi
dan penentuan nilai keanggotaan (µ) untuk masing-masing himpunan.
-
Pengkodean Interface (Tampilan), yaitu membuat interface aplikasi menggunakan bahasa pemrograman C#.
8.
Pengujian
Pada tahap
ini dilakukan pengujian terhadap sitem yang telah dibangun dengan menggunakan
data-data laptop yang telah ada.
9.
Implementasi
Mengimplementasikan
sistem di toko komputer yang terkait dengan penelitian dengan memberi pelatihan
kepada admin tentang sistem yang dibuat dan cara penggunaannya.
H. RENCANA
JADUAL PENELITIAN
Penelitian ini akan dilaksanakan
selama empat bulan yang ditunjukkan dalam Tabel 1.
Tabel
1. Rencana Jadual Penelitian
Kegiatan
|
Maret 2012
|
April 2012
|
Mei 2012
|
Juni 2012
|
|||||||||||||
Pengumpulan data
|
|||||||||||||||||
Perancangan sistem
|
|||||||||||||||||
Pengkodean
|
|||||||||||||||||
Pengujian
|
|||||||||||||||||
Implementasi
|
|||||||||||||||||
Penyusunan
Laporan
|
DAFTAR PUSTAKA
Eliyani, Pujianto, U.,
and Rosyadi, D., 2009, Decision Support
system untuk Pembelian Mobil Menggunakan Fuzzy Database Model Tahani, Graha
Ilmu, Yogyakarta.
Hasiholan, L., and
Sudrajat., 2008, Evaluasi Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Pemrograman
Linier Fuzzy, Seminar Pengembangan dan
Konstribusi matematika dalam Menunjangkemajuan Ilmu Pengetahuan Teknologi,
Bandung, 13 Desember 2008.
Kusumadewi, S., 2003, Artificial Intelegence (Teknik dan
Aplikasinya), Graha Ilmu, Yogyakarta.
Kusumadewi, S., and Purnomo, H., 2010, Aplikasi Logika Fuzzy Sistem Pendukung Keputusan, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Microsoft, 2012, Getting Started with Visual C#, http://social.msdn.microsoft.com,
diakses tanggal 28 Januari 2012, 22.23 WIB.
Pattiasina, T.J., 2011, Pemanfaatan Fuzzy Database Sebagai
Pendukung Keputusan Pemilihan Operator Selular, Tesis, Program Pascasarjana Magister Teknologi Informasi, Institut Sains
Terapan dan Teknologi Surabaya, Surabaya.
Setianto., E.H., and SmitDev
Comunity, 2009, Serba-Serbi Laptop,
PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapushttp://www.scribd.com/doc/99772642/Fuzzy-Database-Tahani
BalasHapusmas, ini pake kurva beta ya?boleh g saya minta programnya?atau itungan manualnya?saya udah ngitung tapi jumlah derajat keanggotaannya kok g 1 ya?
BalasHapusiya pake kurva beta, untuk itunganya ada di query database.
Hapuscoba liat lampiran di:http://www.scribd.com/doc/99772642/Fuzzy-Database-Tahani
atau download
database+ doc
http://www.4shared.com/rar/hQVFyj1E/database_fuzzy.html
Mas minta source code nya donk..besok kami final
BalasHapusmas boleh minta hitunganmanualnya gak ?
BalasHapusmas boleh minta ajarin ga mas buat bikin db nya, saya jg mau bikin ttg fuzzy database nih..
BalasHapus